Anatomi Otak

menjelaskan tentang saraf-saraf seperti yang kita kenal sehari-hari.jika seseorang manunjukan wajah “bengkok” (tidak seimbang kiri-kanan) karena stroke, orang awam sering mengatakan, “Oh, saraf wajah rusak.” Demikian juga jika badannya “kebal”, dalam arti, tidak merasakan adanya rangsangan pada kulitnya. Ungkapan ini tidak sepenuhnya salah karena saraf-saraf memang mengatur semua itu. Otak behubungan dengan dunia luar melalui saraf-saraf tersebut.

Jika seseorang dapat mengerak-gerakan kaki dan tangannya saat berolahraga, itu pun karna saraf-saraf tersebut. Demikian halnya jika ia bersantai mendengarkan musik, berilekasi, tertawa, dan lain-lain.jika saraf rusak maka rusak pula bagian saraf itu.

KUMPULAN SEL

Saraf merupakan kumpulan dari sel-sel saraf. Kumpulan dari badan sel akan membentuk inti-inti. Letaknya bisa diotak, saraf tulang belakang atau diluar keduanya. Inti-intinya umumnya ada disusunan saraf pusat. Untuk saraf penerima, inti-intinya dapat berada diluar otak. Jumlah nuclei biasanya berhububgan dengan otot atau penerima (reseptor) yang disarafi.misalnya, nuclei saraf yang mempersarafi otot penis dan liang vagina berbeda jumlahnya antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki jumlah lebih banyak dibanding perempuan itu sebabnya laki-laki lebih aktif dalam berhubungan sex. Posisi diatas dan dibawah turut ditentukan oleh jumlah nuclei ini. Nuclei ini memang harus banyak karena harus membuat penis laki-laki dalam keadaan “on” agar hubungan sex dapat terjadi perempuan sendiri dalam keadaan “off” pun dapat berhubungan sex.

Sementara itu, jalur-jaluran atau seraf-seraf saraf (akson). Kita sebut saraf saja kata “saraf”, sama dengan pengertian saraf disini. Setiap saraf disusun oleh ribuan serat saraf. Jika saraf keluar dari tulang tengkorak (cranium) maka disebut saraf otak atau saraf kranial. Jika keluar dari tulang belakang maka sarafnya disebut saraf perifer atau saraf spinal.

Saraf Otak

Dokter yunani Galen menemukan saraf otak, hingga saat ini sudah dikenal 12 pasang saraf otak. Saraf otak terutama menerima masukan dan mengeluarkan perintah kebagian tubuh yang ada diseputaran kepala dan leher. Semua yang anda rasakan didaerah-daerah ini akan diteruskan ke otak. Otak kemudian mengeluarkan perintah apa yang harus anda lakukan.

Dari 12 pasang saraf otak, ada yang hanya memiliki serat penerima ( sensorik), yaitu saraf 1, II, dan VIII. Ada yang hanya mengandung serat pemerintah ( motorik), yaitu saraf IV, VI, XI, dan XII. Sisanya mengandiung serat saraf penerima

Para pembawa pesan

Bagian ini akan menguraikan para pembawa pesan dalam susunan saraf. Mereka ini seperti kurir, tetapi dengan tingkat kecanggihan yang sangat luar biasa. Jika tinggi badan anda 2 meter maka perintah dari kulit otak akan sampai keujung kaki anda hanya membutuhkan waktu 1/60 detik saja! Pesan dalam sel-selsaraf memang disampaikan dengan sangat cepat; 120 meter/detik.

Satu hal yang perlu anda ingat, penyampaian pesan tersebut akan cepat sebanding dengan besar dan tebalnya diameter juluran sel-sel saraf (akson). Mangkin besar diameternya, mangkin cepat pula hantaran itu. Demikian juga, mangkin tebal lapisan pembungkus akson mangkin cepat hantaran tersebut.

Dua kurir dalam sistem saraf manusia adalah 1) sinyal listrik dan 2) sinyal kimia (neurotransmiter) keduanya kerja bahu membahu dan tak mungkin dipisahkan. Jika sinyal listrik beraksi secara langsung, melalui saluran-saluran listrik, maka sinyal kimia melalui pemecahan gelembung diujung sel saraf. Gelembung itu berisi neurotransmiter

Sinyal Listrik

Sel saraf memiliki penghantaran sinyal yang dapat melompat-lompat. Penghantaran salto ini terjadi pada sel saraf yang myelin-nya tebal. Daerah yang tak terbungkus myelin, disebut nodus Ranvier, menjadi tempat “berpijak” untuk melakukan salto itu. Mekanisme ini membuat penyampaian pesan dapat berlangsung cepat dan tidak membutuhkanwaktu terlampau banyak.

Myelin terbuat dari lemak, protein, dan air. Myelin tidak saja memudahkan perjalanan pesan melalui mekanisme salto, tetapi juga melindungi sel saraf dari marabahaya sekitarnya.

Bagaimana sinyal listrik dapat terjadi? Jawabnya; jika keadaan didalam sel saraf menjadi bermuatan positif. Dalam keadaan istirahat, muatannya negatif. Jika ion (atom yang bernuatan)benama Na+ masuk kedalam sel, lingkungan sel menjadi positif. Perubahan lingkungan ini akan menimbulkan arus listrik di dinding. Arus listrik tersebut kemudian menjalar. Pembawaan pesan kemudian berlangsung

Sengatan lebah, kalajengking atau gigitan ular beracun dapat membuat pertukaran ion-ion menjadi kacau. Ini akan mengganggu penyampaian pesan. Jika ini berlangsung pada sel saraf diotak, anda akan lemah dan lumpuh.

Sinyal Kimia

Sudah ada puluhan pembawa pesan. Jika anda ketakutan dengan berkeringat dingin dan jantung berdebar, neurotransmiter adrenalin- lah penyebabnya. Gerakan tangkas dan kasar yang anda lakukan juga diperantai oleh mereka, misalnya oleh GABA jika anda ketagihan memakai narkotika, seperti heroin, anda merangsang secara berlebihan neurotransmitter benama dopamine. Jika perangsang ini berlangsung lama, anda akan ketagihan.

Sedikitnya dikenal tiga kelompok neurotransmitter, yaitu 1( asam amino, seperti GABAH dan glutamat, 2)biogenic amin, seperti dopamin, adrenalin dan noradrenalin, dan 3) peptida, seperti nitrit oksida . jika orang cepat marah kita sebut “adrenalinnya naik”. Adrenalin adalah nama lain dari epinefrin. Seorang pemalas panggil saja, “GABA-nya lagi naik”. Seseorang yang “kuper” alias kurang perhatian, panggil saja, “serotoninnya lagi turun”.

Si Penggerak

Banyak neurotransmitter memainkan peranan pengatur gerakan tubuh. Mereka “bermain” disambungan saraf dalam otot-otot tubuh. Mereka dapat merangsang atau menghambat gerakan. Beberapa diantaranya adalah asitekkolin, glitamat, GABA, glisyin, dan dopamine.

Diotak, glutamate tidak dapat masuk kedalam sel-sel saraf. Jalan keluarnya? Ia dibuat dari glutamine yang memang diproduksi dari sel-sel penunjang di otak. Hamper semua sel otak mengandung neurotransmiter ini. Glutamat adalah perangsang pergerakan. Bila seseorang terkena stroke, maka glutamat akan turut terganggu karena rusaknya pabrik pembuatan glutamat dan glutamin. Itlah sebabnya penderitaan stroke sering merasa terganggu dalam pergerakn ototnya.

Jika glutamat merangsang pergerakan, GABA justru menghambatnya. Pasahal GABA dibentuk dari glutamat. Untuk membuat GABA diperlukan bantuan vitamin B6. Itulah sebabnya vitamin B6 menjadi penting dalam makanan kita. Obat-obat seperti diazepam alias valium dibuat berdasarkan mekanisme kerja GABA. Obat ini “menipu” reseptor GABA di sel-sel saraf setelah mereka dilepas. Peran lain glutamat adalah dalam penyimpanan memory didaerah otak bernama hippocampus. Mangkin kuat sel saraf yang di picu melalui pengikatan glutamate pada reseptornya, mangkin lama inpormasi itu disimpan. Glutamate terlibat dalam proses yang disebut LTP ( long Term poltaniation).

Dopamine juga beperan mengkoordinasi otot-otot. Ia diproduksi dibeberapa tempat, seperti area venterltegmenti, substantia niegra dan hypothalamus yang ada diotak tengah. Penyakit perkinson, seperti yang di derita petinju legendaries Muhammad Ali dan Paus Yohanes paulus II, terjadi karena pabrik dopamin diotak mengalami kerusakan. Gerakan tubuh mereka berdua, terutama tangan, menjadi tidak terkoordinasi.

Si Pencuri Perhatian

Dopamin dan norepinefrin-sipencuri perhatian itu-berkeluarga dekat. Mereka berasal dari sumber yang sama, yaitu asam amino tirosin. Dengan sedikit modifikasi pada struktur dopamin, jadilah epinefrin. Mereka memiliki fungsi yang berbeda. Norepinefrin diproduksi, terutama, dilocuscoeruleus yang ada dibatang otak. Diujung-ujung saraf simpatis, norepinefrin juga diproduksi. Ada tidaknya zat kimia bernama enzim menentukan jenis apa sinyal kimia tersebut.

Norepinefrin dapat membuat anda melakukan sesuatu dengan kosentrasi penuh. Ia menciptakan kewaspadaan dalam diri anda. Termasuk mempengaruhi tidur dan bangun tidur anda. Jika kadarnuya terganggu, anda akan mengalami ganguan dalam sistem kewaspadaan tubuh.

Bersama dengan setonin dan dopamin,mereka mempengaruhi keadaan kongnisi anda. Mereka dapat membuat anda mengalami drugaddiction atau menjadi gila.

Si pengganggu

Jika anda mengalami kecemasan karena akan ujian wawancara esok harinya, atau berpidato didepan atasan anda, maka epinefrin atau adrenalin akan segera menyergap diri anda. Wajah memerah kadang kala pucat seperti kapas karena ketakutan, jantung berdebar, berkeringat dingin, hingga terkencing-kencing, adalah hasil kerjanya. Ia mempengaruhi saraf-saraf simpatis untuk bereaksi. Hasilnya, anda cemas atau panik!

Bersama kawan sejatinya, hormon kortisol yang diproduksi kelenjar anak ginjal, mereka akan mempengaruhi otak anda, sialnya, wilayah yang kerap dipengaruhinya adalah hippocampus. Wilayah ini adalah salah satu pengatur memori anda. Karena itu, jika anda gugup, anda sulit menjawab pertanyaan yang diberikan.

Jika anda mengalami keadaan ini dan belum menemukan cara yang tepat menghilangkannya, ssaya sarankan untuk memakai obat penenang setelah berkonsultasi dengan dokter anda. Obat-obat ini akan bersain dengan para neurotransmiter untuk mempengaruhi saraf-saraf anda; dan biasanya para neurotransmite tertripu dan kalah.

M. Thoyib HM

terkadang kehidupan dunia membuat kita lalai dalam mengerjakan apa yang telah menjadi sebuah kewajiban untuk akhirat

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post