Makalah Obstetri 1


Fungsi sirkulasi sistematik dan paru

Pada sirkulasi sistematik, sewaktu darah mengaliri setiap sel tubuh. Karbon dioksida dan produk-produk sisa sel lainnya di serap oleh darah, sedangkan oksigen dan zat-zat gizi di salurkan ke sel.pada sirkulasi paru hal sebaliknya yang terjadi karbon dioksida di keluarkan dari darah dan oksigen di serap.melalui siklus darah yang kontinyu mengelilingi siskulasi sistematik dan paru, maka suplai oksigen dan mengeluarkan zat-zat sisa dapat berlangsung bagi semua sel.

JANTUNG

Jantung merupakan sebuah organ yang terdiri dari otot.otot jantung merupakan jaringan yang istimewa karena kalau di lihat dari bentuk dan susunannya sama dengan otot serat lintang, tetapi cara bekerjanya menyerupai otot polos yaitu di luar kemauan kita (dipengaruhi oleh susunan saraf otonom).

BENTUK

Menyerupai jantung pisang, bagian atasnya tumpul ( pangkal jantung ) dan di sebut juga basis kordis.di sebalah bawah agak runcing yang di sebut apeks kordis.

LETAK

Di dalam rongga dada sebelah depan ( kavum mediastinum anterior ),sebelah kiri bawah dari pertengahan rongga dada,diatas diapragma dan pangkalnya terdapat di belakang kiri antara kosta V & VI dua jari di bawah papila mamae pada tempat ini teraba adanya pukulan jantung yang di sebut iktus kordis.

UKURAN

Lebih kurang sebesar genggaman tangan kanan dan beratnya kira-kira 250-300 gram.

LAPISAN-LAPISANNYA

Lapisan-lapisannya terdiri atas :

Endokardium, merupakan lapisan jantung yang terdapat di sebelah dalam sekali yang terdiri dari jaringan endotel atau selaput lendir yang melapisi permukaan rongga jantung.

Miokardium.merupan lapisan intidari jantung yang terdiri dari otot-otot jantung, otot jantung ini membentuk bundalan-bundalan otot yaitu:

a. Bundalan otot ateria, yang terdapat di bagian kiri / kanan dan basis kordis yang membentuk serabi atau aurikula kordis.

b. Bundalan otot ventrikuler, yang membentuk bilik jantung yang di mulai dari cicin atrio ventrikuler sampai di aspek jantung.

c. Bundalan otot atrio ventrikuler, yang merupakan dinding pemisah antara serabi dan bilik jantung.

Prikardium, lapisan jantung sebelah luar yang merupakan selaput pembungkus, tediri dari 2 lapisan yaitu lapisan parietal dan viseral yang bertemu di pangkal jantung membentuk kantung jantung.

Di antara dua lapisan jantung ini terdapat lendir sebagai pelicin untuk menjaga agar pergesekan antara perikardium pleura tidak menimbulkan gangguan terhadap jantung.

Jantung bekerja selama kita masih hidup, karena itu membutuhkan makanan yang di bawa oleh darah , pembuluh darah yang tepenting dan memberikan darah untuk jantung dari aorta asendens dinamakan arteri koronaria.

Jantung di persarafi oleh:
Nervus simpatikus / Nervus akselerantis , untuk menggiatkan kerja jantung dan Nervus para Simpatikus , khususnya cabang dari Nervus vagus yang bekrja memperlambat kerja jantung.

M. Thoyib HM

terkadang kehidupan dunia membuat kita lalai dalam mengerjakan apa yang telah menjadi sebuah kewajiban untuk akhirat

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post